Translate

Jumat, 04 Oktober 2019

Design Pemodelan Grafis



PENGERTIAN DAN KONSEP

Desain pemodelan grafis adalah ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi, karena dengan menggunakan pemodelan grafis (visual), interaksi antara manusia dengan komputer dapat berjalan lebih baik dan bagi orang yang awam atau tidak mengerti mengenai komputer akan lebih mudah untuk mengerti dibandingkan dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan komputer.

Desain pemodelan grafis merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafis terdiri dari 3 suku kata yaitu:
 
1.  Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.

2.   Pemodelan merupakan rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan sesuatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali menyerupai penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik, model citra, atau rumusan matematis.

3. Grafis / Grafik identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf maupun simbol. Jadi dapat simpulkan bahwa desain dan permodelan grafis memiliki arti bahwa suatu proses yang membuat / menciptakan sebuah objek berupa citra / gambar yang menghasilkan sebuah informasi, ilustrasi  atau sebuah hiburan yang dibuat oleh aplikasi yang ada dalam komputer.

ELEMEN – ELEMEN
  1.  Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
  1. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
  1. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
  1. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
  1. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
  1. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
TEKNOLOGI YANG MENGGUNAKAN PEMODELAN DESAIN GRAFIS

Teknologi juga dapat mempengaruhi berbagai macam desain yang akan diproduksi dan juga dapat berpengaruh juga dalam perkembangan di dalam sebuah gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan yang pada gilirannya tercemin dalam sebuah bentuk desain. Teknologi juga memiliki peranan yang cukup besar didalam perkembangan desain grafis, dengan perkembangan sebuah teknologi yang semakin maju maka semakin mudah kita untuk menciptakan suatu karya dalam desain grafis dengan waktu yang singkat dan lebih efisien dengan menggunakan perangkat lunak seperti:
1.     Gimp
2.     Adobe Illustrator
3.     CorelDraw
4.     Photoshop

APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS WEBSITE

aplikasi berbasis web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses menggunakan web browser atau penjelajah web melalui jaringan internet atau intranet. Meskipun hingga saat ini ternyata lebih banyak, lebih luas, dan lebih komersil dalam pemakaiannya. Banyak website yang memberikan pengaruh dalam hal desain grafis contohnya adalah:
1.     MockFlow
2.     Balsamiq
3.     Mockingbird
4.     Wireframe.cc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar